Sabtu, 02 November 2013

Tugas 2_Bahasa Indonesia 2


TUGAS 2
1. Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa  aspek, yaitu :
a.   Topik yang menarik
Topic yang menarik adalah topic yang dianggap menarik oleh penulis sehingga memotivasi penulis untuk menyelesaikan karya tulisnya.

Syarat – syarat topik yang baik.
Topik seharusnya yang menjadi salah satu perhatian penting dalam penulisan selain tema dan judul. Karena dengan topik tulisan kita akan menarik bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih dalam tentang topik tersebut. Beberapa yang harus diperhatikan dalam pemilihan topik adalah sebagai berikut.
1.  Topik harus menarik perhatian penulis.
Topik yang  menarik perhatian akan memotivasi penulis untuk mencari data untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Penulis akan didorong agar dapat menyelesaikan tulisan itu sebaik-baiknya. Suatu topik sama sekali tidak disenangi penulis akan menimbulkan kesalahan.Bila terdapat hambatan, penulis tidak akan berusaha denngan sekuat tenaga untuk mengumpulkan data dan fakta yang akan digunakan untuk memecahkan masalah.
2.  Diketahui oleh penulis.
Penulis hendaklah mengerti atau mengetahui meskipun baru prinsip-prinsip ilmiahnya.
Contoh:
·      Mencari sumber-sumber data .
·      Metode atau penerapan yang digunakan.
·      Metode analisis yang akan digunakan.
·      Buku-buku referensi yang digunakan.
3.  Jangan terlalu teknis dan kontroversial.
Bagi penulis pemula, topik yang baru kemungkinan belum ada referensinya dalam kepustakaan. Topik yang terlalu teknis kemungkinan dapat menjebak penulis bila tidak benar-benar menguasai bahan penulisannya. Topik yang kontroversial akan menimbulkan kesulitan untuk bertindak secara objektif.
4.  Bermanfaat
Topik yang dipilih hendaknya bermanfaat. Ditinjau dari segi akademis dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari maupun dari segi praktis.
5.  Jangan terlau luas.
Penulis harus membatasi topik yang akan ditulis. Penulis harus betul-betul yakin bahwa topik yang dipilihnya terbatas untuk digarap sehingga tulisannya dapat terfokus.



b.  Mudah dipahami oleh pembaca
Mudah dipahami oleh pembaca, dengan maksud pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari suatu karya tulis.
Kemenarikan suatu buku tidak saja dari isi materi yang disajikan tetapi juga tampilan buku. Buku yang terlalu tebal, penuh dengan tulisan mungkin kurang menarik bagi kelompok  pembaca tertentu. Sebab itu sangat penting untuk mengetahui kepada siapa buku anda akan ditujukan. Buku bagi kelompok anak-anak, tentunya disajikan dengan sosok yang meriah, warna-warni, ceria sesuai dengan kehendak mereka.
Namun, secara umum bebrpa pakar mengatakan agar mudah dan menarik untuk dibaca, upayakanlah memakai:
1.  Kalimat-kalimat  pendek tetapi jelas
2.  Kalimat aktif
3.  Gambar/ ilustrasi yang sesuai untuk memperjelas dan menarik perhatian
4.  Contoh-contoh
5.  Berbagai variasi dalam format sajian, bentuk dan besaran huruf guna penarikan perhatian dan penekanan hal-hal yang penting.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post-post