Selasa, 10 April 2012

Tugas 3_ Perekonomian Indonesia

Dampak Kenaikan BBM terhadap Inflasi

            
        Bahan bakar minyak atau yang lebih kita kenal dengan nama “BBM” merupakan suatu komoditas yang sangat berperan penting dalam kegiatan perekonomian. Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini bangsa kita sedang mengalami masalah naiknya harga bahan bakar minyak. Ini dikarenakan harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan dan permintaan masyarakat akan BBM yang membubung tinggi sementara penyediaan barang mengalami kekurangan yang membuat harga barang tersebut menjadi naik dan timbulnya Inflasi. Kenaikan harga BBM memperberat beban hidup masyarakat terutama mereka yang berada di kalangan bawah dan juga para pengusaha, karena kenaikan bbm menyebabkan turunnya daya beli masyarakat dan itu akan mengakibatkan tidak terserapnya semua hasil produksi banyak perusahaan sehingga akan menurunkan tingkat penjualan yang pada akhirnya juga akan menurunkan laba perusahaan.
        Naiknya harga BBM di indonesia diawali oleh naiknya harga minyak dunia. Yang membuat pemerintah tidak dapat menjual BBM kepada masyarakat dengan harga yang sama dengan harga sebelumnya, maka pemerintah mengambil langkah untuk menaikkan harga BBM.
          
Faktor utama yang mempengaruhi naiknya harga minyak dunia yaitu :
1. Inflasi Amerika Serikat ke Irak, inflasi ini menyebabkan ladang minyak Irak tidak dapat berproduksi secara optimal sehingga supply minyak mengalami penurunan.
2. Badai Katrina dan Badai Rita yang melanda Amerika Serikat dan merusak kegiatan produksi minyak di Teluk Meksiko
3. Ketidakmampuan OPEC untuk menstabilkan harga minyak dunia. Juga perbandingan harga bensin seluruh dunia.
4. Permintaan atau konsumsi minyak dunia lebih banyak dari pada produksinya.
5. Negara produsen minyak mengurangi kuota produksinya karena berbagai alasan.
6. Cadangan minyaknya menipis atau tidak punya nilai ekonomis lagi, sementara pencarian sumber-sumber minyak baru lebih sedikit.
7. Spekulan minyak menjadikan harga minyak dunia naik karena minyaknya yang diperdagangkan bebas.

          Sebab-sebab diatas memaksa pemerintah mengambil langkah untuk menaikkan harga BBM, yang dampaknya bisa menaikkan Inflasi dan secara langsung dirasakan oleh masyarakat indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
          Disaat Inflasi terpicu menaik, maka banyak dampak negative yang akan mempengaruhi tiap sector, salah satunya inflasi membuat harga bahan pokok ikut meningkat yang menyebabkan masyarakat semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan.
          
 Dampak inflasi terdapat di beberapa sector, diantaranya :
1.      Sektor Transportasi
Jika kenaikan BBM benar terjadi maka dalam sector transportasi akan memicu naik nya tarif transportasi umum
2.      Sektor Kebutuhan Pokok
Lonjakan harga berbagai barang kebutuhan masyarakat terutama beras. Indikasi kenaikan harga beras yang tidak normal harus cepat ditanggapi sebelum harganya terus naik.
3.      Sektor Pariwisata
Kenaikan harga BBM dinilai akan mempengaruhi sector pariwisata dalam negeri. Kenaikan bisa mengurangi kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Ini disebabkan karena agen perjalanan akan menaikkan biaya paket tour. Kenaikan biaya pasti membuat perjalanan terlihat mahal. Dengan kenaikan BBM, setidaknya dapat menambah rata-rata pengeluaran wisatawan asing hingga 10% dibandingkan spending sebelumnya.
4.      Sektor Kesehatan
Kementrian kesehatan akhirnya menetapkan kenaikan harga obat sebesar 6%-9%. Kenaikan ini diputuskan terkait rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak. Kenaikan harga obat ini ditetapkan berdasarkan rekomendasi tim evaluasi harga obat.
5.      Sektor  Industri
Kenaikan harga BBM sebesar 33% akan menyebabkan output sector indstri pengolahan non migas mengalami penurunan sekitar 0,26%. Selain itu, dalam sector industry akan turun sebesar 0,12%. Apabila harga BBM naik 44%, industry akan turun sebesar 0,14%, dan TDL (Tarif Dasar Listrik) naik 10%. Dalam sector industry dampak yang dihasilkan juga berpengaruh terhadap perubahan upah buruh yang tidak sesuai lagi dengan kebutuhan hidup yang layak.
6.      Terhadap Mata Uang
Mata uang dari negara yang mengalami inflasi tinggi cenderung mengalami depresiasi, sebaliknya mata uang negara yang mengalami inflasi rendah cenderung mengalami apresiasi. Naiknya harga barang sama artinya dengan turunnya nilai mata uang, dengan demikian inflasi dapat diartikan sebagai penurunan nilai mata uang terhadap nilai barang dan jasa secara umum.

Pendapat Beberapa Pengamat :

·         Pengamat ekonomi Ryan Kiryanto memperkirakan, dampak inflasi dari kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM hanya bersifat sementara dan akan terasa paling lama dua bulan dari saat kenaikan BBM. Dampaknya temporer sekitar 1 - 2 bulan sejak harga BBM baru dan TDL (tarif dasar listrik) baru.
Dua bulan, lanjutnya, merupakan masa terkejut di masyarakat. "Setelah itu masyarakat akan terbiasa kembali dengan taraf hidup yang lebih mahal atau tinggi karena semuanya akan bergerak naik sebagai penyesuaian," ucap Ryan.
·          Menurut analisa BPS, dengan asumsi pendapatan masyarakat tetap (tidak meningkat), diperkirakan apabila kenaikan harga (inflasi) sekitar 10% akan menaikkan penduduk miskin sekitar 30%. Dengan kata lain besarnya pertambahan penduduk miskin tergantung seberapa besar dampak kenaikan BBM terhadap laju inflasi. Dengan adanya kenaikan harga BBM kita perkirakan (inflasi) pada 6,8-7,1 persen,
·         Gubernur BI Dramin Nasution mengungkapkan, bila pada 2012 ini pemerintah hanya menaikkan tarif dasar listrik (TDL) maka target inflasi sebesar 4,5 plus minus 1% akan bisa dicapai. "Namun dengan adanya kenaikan harga BBM kita perkirakan (inflasi) pada 6,8-7,1 persen."
·         Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia di Jakarta memperkirakan dampak rencana kebijakan Pemerintah menaikkan harga BBM mendatang bersifat temporer atau one-time shock. Inflasi akan kembali menurun sesuai dengan kondisi fundamental perekonomian.
 
       Daftar pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post-post